Sabtu, 05 Mei 2012

Minuman Soda Picu Stroke

Penelitian terbaru menunjukkan minuman bersoda memicu resiko stroke. Mengkonsumsi minuman bersoda secara rutin memberikan reaksi berantai pada tubuh yang dapat menimbulkan banyak penyakit, termasuk ancaman stroke.

Para peneliti dari Institute For Health dan Harverd University Cleveland menganalisis 43.371 pria yang mengkonsumsi soda yang berpatisipasi pada studi lanjutan kesehatan profesional pada tahun 1986-2008. Sebanyak 84.045 perempuan juga diperiksa dalam program sutdi kesehatan perewatan pada 1980-2008 Pada waktu itu, 2.938 perempuan dan 1.416 pria mengalami serangan stroke.

Pada minuman bersoda yang mengandung pemanis tambahan, kandungan gula dapat meningkatkan secara drastis kadar glukosa dalam darah dan insulin. Reaksi in berakibat tubuh tidak dapat menoleransikan glukosa, resistensi insulin, dan peradangan. Semuanya menjadi faktor resiko stroke iskemik.

Temuan ini juga menunjukkan bahwa pria dan perempuan yang mengkonsumsi lebih dari satu porsi soda berpemanis gula setiap hari memiliki tekanan darah dan kolesterol dalam darah yang lebih tinggi, serta rendahnya melakukan aktifitas fisik.

Orang yang sering minum soda cenderung mengkonsumsi daging mentah dan produk susu. Pria dan perempuan yang mengkonsumsi soda kalori rendah memiliki kemungkinan penyakit kronis dan Body Mass Index (BMI) yang lebih tinggi. Penyelidikan ini untuk memantau asosiasi konsumsi soda pada serangan stroke.

Menurut Medicmagic (27/4), penelitian ini mengingatkan pentingnya mencari minuman pengganti soda. Air putih tentu saja pilihan terbaik.

Tidak ada komentar: